Ternyata Inilah Tanda-Tanda Rumah Sering Dikunjungi Malaikat, Semoga Rumahmu Salah Satunya...

....

Rumah tidak hanya tempat tinggal bagi manusia tetapi juga tempat berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Rumah adalah tempat di mana keluarga menghabiskan waktu bersama dan membangun rumah tangga di dalamnya.

Tak hanya tempat beristirahat, di rumahlah seorang muslim memulai kehidupan sehari-harinya. Rumah juga menjadi tempat seorang anak mendapatkan pengajaran dari kedua orang tuanya. 

Tak banyak yang tahu, ternyata ada rumah yang kerap didatangi malaikat lantaran amalan penghuninya.
Berikut 4 tanda rumah seorang muslim kerap dikunjungi oleh malaikat:

1. Rumah yang digunakan untuk berdzikir
Keluarga yang selalu berdzikir akan mengundang malaikat untuk turun dan bersinggah ke rumahnya. Nabi SAW bersabda: 
“Tidaklah sekelompok orang yang berdzikir mengingat Allah kecuali para malaikat mengelilinginya. Mereka diliputi rahmat Allah, turun ketenangan kepada mereka, dan mereka dibanggakan Allah di hadapan para malaikat yang ada di sisi-Nya.” (HR at-Tirmidzi).

2. Rumah yang kerap dibacakan ayat-ayat Al Qur'an
Selain menenangkan hati para pembaca Al Quran, rumah yang kerap digunakan untuk membaca ayat suci akan dihadiri oleh malaikat. Dalam hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (HR. Muslim, no. 2699)

3. Rumah yang pemiliknya menjaga sholat
Sebagaimana disebutkan dalam Hadis Nabi, para Malaikat silih berganti bertugas mengiringi manusia di waktu malam dan siang hari. Setiap hari mereka melaporkan keadaan manusia kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Maka beruntunglah orang yang menjaga kedua waktu tersebut. Waktu apakah yang dimaksud itu.. Berikut sabda Rasulullah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

”Di tengah-tengah kalian ada Malaikat yang silih berganti bertugas mengiringi kalian di waktu malam dan siang hari. Mereka bertemu ketika waktu salat ‘Ashr dan waktu salat Subuh. Malaikat yang mengawasi kalian di malam hari naik ke langit, lantas Allah bertanya mereka, ‘bagaimana kalian tinggalkan hamba-hamba-Ku? Para Malaikat menjawab, ‘Kami tinggalkan mereka sedang mereka tengah mendirikan salat, dan kami datangi mereka sedang mereka mendirikan salat’.” (HR. Al-Bukhari)

4. Rumah yang digunakan untuk bersedekah
Malaikat akan turun di pagi hari saat seseorang menginfakkan sejumlah hartanya. Ia akan memberikan doa baik kepada yang berderma, dan memberi doa kurung baik kepada yang kikir.

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari & Muslim)
.... Baca Halaman Selanjutnya

Menu Halaman Statis